Rabu, 09 Mei 2018

Manusiawi dan Berbudaya


MANUSIAWI DAN BERBUDAYA
Oleh :Febri Satria Yazid

          Begitu pentingnya hidup berbudaya dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan ,sehingga manusia perlu mempelajari berbagai ilmu-ilmu yang mempejari tentang cara membuat atau mengangkat manusia menjadi lebih manusiawi dan berbudaya
          Manusia yang manusiawi tidak egois dan memiliki sifat-sifat dasar manusia yang penyayang dan mencintai sesama,saling menghormati,jujur,mempunyai integritas ,percaya diri, ramah,mempunyai perasaan yang halus ,tidak tega menyakiti sesama,jauh dari rasa iri dan dengki . Akalnya senantiasa dapat menundukan nafsunya ,memiliki jiwa sosial yang tinggi dan atas semua perilaku itu didasari oleh pemahaman yang kuat terhadap ajaran yang dianutnya dan dapat dipastikan manusia yang manusiawi memiliki hubungan yang erat dengan Khalik-nya. Dalam firmanNya Allah SWT sampaikan bahwa“ sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya “ (QS 95;4)
          Lantas apa yang menyebabkan manusia yang telah diciptakan Allah dengan sebaik-baiknya itu bisa kehilangan rasa kemanusiaan dan bertindak tidak manusiawi?.Penyebab utama adalah sifat egois yang hanya untuk dirinya sendiri ,akal dan perasaannya tidak mampu bersinergi untuk meletakkan sedikit perasaan pada akal agar berperilaku lembut dan meletakkan sedikit akal pada perasaan agar bertindak lurus.
          Dengan akal dan perasaan manusia mampu untuk bertindak manusiawi dan manusia yang mampu mendayagunakan akal budinya dalam menciptakan kebahagiaan inilah yang disebut manusia berbudaya, yang mempunyai hakikat berbuat kebaikan, benar dan adil.
          Berbudaya selain didasarkan pada etika, memerlukan estetika menyangkut analisa dan penerapan konsep tentang benar-salah, baik-buruk. Budaya tertentu( budaya pada masing-masing daerah )  turut mempengaruhi kepribadian seseorang.
          Manusia berbudaya senantiasa menggunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan dan hal itu hanya bisa diraih oleh manusia yang mempunyai rasa kemanusiaan sehingga bersikap dan bertindak sangat manusiawi dalam berinteraksi dengan sesama (FSY)

1 komentar: