Rabu, 25 Juni 2025

Jejak Kata, Jembatan Waktu

 

Jejak Kata, Jembatan Waktu

Oleh ; Febri Satria Yazid

Literasi sebagai fondasi peradaban dan simfoni sebagai harmoni kehidupan dalam suatu orkestra tempat dimana setiap individu memainkan instrumen pengetahuan, pengalaman dan nilai. Literasi sebagai penyeimbang di tengah gempuran era digital dan derasnya arus informasi . Kita mesti memandang literasi bukan hanya sebagai sarana tapi sebagai simfoni kehidupan, yang mendamaikan yang retak, menyatukan yang terpisah, karena  manusia diciptakan Allah SWT untuk terhubung, dengan dirinya, sesama, dan lingkungannya. Literasi menyuarakan harapan di tengah keraguan. Setiap zaman punya tantangannya, dan dalam setiap tantangan terselip keraguan.  Literasi hadir bukan untuk memberi semua jawaban, tetapi untuk menyalakan harapan, mengajak kita berpikir kritis, menumbuhkan empati, dan menuliskan masa depan yang lebih baik. Literasi sebagai simfoni kehidupan adalah tentang keberanian menyatukan nada-nada yang berbeda menjadi harmoni. Ia bukan sekadar alat untuk belajar, tapi cara untuk menyembuhkan, menghubungkan, dan menghidupkan harapan. Karena dalam dunia yang sering gaduh oleh prasangka dan perpecahan, hanya lewat pemahaman, yang dilahirkan oleh literasi, kita bisa menyusun simfoni yang membawa damai bagi kehidupan.

Membangun jembatan antara Digital Native dan Generasi Tradisional menjadi sangat penting di tengah derasnya arus perubahan zaman, tantangan literasi tak lagi hanya soal akses atau minat baca, melainkan juga tentang kesenjangan generasi. Fenomena ini semakin terasa ketika generasi muda yang tumbuh dalam era digital (digital native) harus berbagi ruang dengan generasi tradisional yang dibesarkan dalam budaya analog. Keduanya membawa cara pandang, gaya belajar, bahkan nilai-nilai yang berbeda. Maka, menciptakan ruang literasi yang inklusif menjadi pekerjaan rumah bersama.

Generasi muda saat ini terbiasa mengakses informasi dengan cepat melalui internet, belajar lewat video interaktif, atau memahami konsep melalui infografik dan simulasi digital. Sebaliknya, generasi tua masih memegang kepercayaan kuat pada buku fisik, belajar dari mendengarkan secara langsung, atau berdiskusi dalam forum tatap muka. Kondisi ini menghadirkan tantangan dalam menciptakan ruang belajar yang mampu menampung keduanya. Bagaimana merancang program literasi yang tetap relevan bagi kaum muda, namun tidak mengasingkan yang lebih tua? Apakah mungkin menyandingkan teknologi digital dengan pendekatan personal secara harmonis?

Di ranah komunikasi, jurang generasi juga tampak jelas. Generasi muda gemar menggunakan bahasa singkat, slang, emoji, atau istilah populer dari budaya internet. Bagi generasi tua, semua ini bisa membingungkan, bahkan membuat mereka merasa tidak dianggap. Mereka cenderung memakai bahasa yang lebih formal, kaya nilai budaya, dan sarat kesantunan. Kesenjangan bahasa ini tak jarang menimbulkan salah paham atau rasa tidak nyambung dalam kegiatan bersama, termasuk saat menyampaikan pesan literasi atau bekerja dalam proyek kolaboratif. Generasi muda memandang literasi sebagai keterampilan multifaset, bukan hanya baca tulis, tapi juga mencakup literasi digital, visual, finansial, hingga media sosial. Sementara itu, generasi tua sering kali masih mengidentikkan literasi dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Perbedaan ini menciptakan ketimpangan pemahaman dan ekspektasi. Generasi tua bisa merasa “ketinggalan zaman” atau dianggap tidak relevan. Sebaliknya, generasi muda bisa menganggap pendekatan lama sebagai kuno dan tidak menarik. Ini dapat menghambat upaya membangun ruang literasi yang saling menghargai.

Realita lain yang tak bisa diabaikan adalah keterbatasan akses dan keterampilan teknologi di kalangan lansia. Banyak dari mereka belum terbiasa, bahkan takut menggunakan gawai seperti smartphone, laptop, atau platform e-book. Padahal, literasi masa kini banyak bergantung pada platform digital, dari perpustakaan daring hingga kelas virtual. Ketika teknologi menjadi pintu utama literasi, maka kelompok yang tidak memiliki kunci akan tertinggal. Inilah pentingnya pendampingan intergenerasi yang saling menguatkan, bukan saling menghakimi.

Generasi muda membawa semangat ekspresi bebas, efisiensi, dan inovasi. Sementara generasi tua masih menjunjung tinggi nilai kesantunan, kedisiplinan, serta norma sosial yang bersifat hierarkis. Dalam ruang literasi, perbedaan ini sering terlihat dalam cara menyampaikan ide, menulis cerita, atau berdiskusi. Tanpa kesadaran akan perbedaan nilai ini, interaksi bisa berujung pada konflik atau ketegangan. Maka diperlukan pendekatan yang empatik, di mana kedua pihak bersedia membuka diri dan memahami lensa nilai masing-masing.

Kadang, generasi muda merasa lebih unggul karena melek teknologi. Di sisi lain, generasi tua merasa semakin terpinggirkan dari arus zaman. Ketimpangan ini bisa memunculkan rasa minder, frustasi, atau bahkan penolakan terhadap upaya kolaborasi. Untuk itu, penting membangun ruang literasi yang bukan hanya mempertemukan, tetapi juga menyatukan kedua generasi dalam posisi sejajar. Setiap generasi memiliki kekuatan dan warisan pengetahuan yang berharga, bukan untuk dibandingkan, melainkan untuk dipadukan. Literasi intergenerasi adalah jembatan yang tak hanya menghubungkan dua zaman, tetapi juga dua cara pandang terhadap kehidupan. Dalam membangun bangsa yang berdaya literasi, kita tidak bisa meninggalkan yang tua demi yang muda, atau sebaliknya. Hanya dengan saling mendengar, saling belajar, dan saling menghargai, maka simfoni literasi bisa dimainkan oleh semua generasi,bersama-sama.

Pendekatan intergenerasi  saat ini menjadi relevan karena sejumlah perubahan sosial, budaya, dan demografis yang menuntut kerja sama lintas usia untuk menjaga keberlanjutan nilai, pengetahuan, dan harmoni sosial, didasari oleh faktor  bonus demografi dan penuaan penduduk Indonesia dimana jumlah penduduk usia produktif tinggi, namun jumlah lansia juga meningkat pesat. Hal ini menciptakan peluang dan tantangan, bagaimana generasi tua dan muda bisa saling mendukung, bukan saling bersaing. Pendekatan intergenerasi membantu menjembatani kesenjangan ini lewat kegiatan bersama, misalnya anak muda mengajarkan teknologi, lansia membagikan nilai hidup dan sejarah lisan.

Banyak nilai luhur, tradisi, dan pengalaman hidup yang dimiliki generasi tua terancam hilang jika tidak diwariskan. Literasi intergenerasi menjadi sarana transfer nilai budaya dan kearifan lokal secara alami melalui dialog, cerita, dan kegiatan kolaboratif. Dunia modern sering memecah ikatan sosial seperti  keluarga terpisah jarak, generasi tidak lagi sering berkumpul. Pendekatan intergenerasi bisa mengembalikan rasa kebersamaan, gotong royong, dan empati lintas usia.

Pendekatan intergenerasi bukan sekadar tren, tapi kebutuhan zaman. Ia mengajak kita untuk tidak hanya hidup berdampingan, tapi saling mendengarkan, belajar, dan tumbuh bersama demi masa depan yang berakar pada nilai, namun bersayap pada kemajuan. Manfaat literasi intergenerasi bagi generasi muda adalah mendapatkan kearifan lokal, sejarah, nilai budaya dari generasi tua dan memperkuat empati dan komunikasi lintas usia. Sedangkan Bagi generasi tua akan merasa dirinya dihargai, didengar, dan berguna. Selain itu generasi tua bisa belajar teknologi baru atau budaya baru dari generasi muda.

Bentuk Kegiatan Literasi Intergenerasi dapat berupa  Program baca bareng kakek-nenek dan cucu, cerita rakyat dari orang tua untuk anak muda, lalu ditulis/didigitalisasi atau mengadakan kelas menulis atau mendongeng bersama lintas usia. Klub buku lintas generasi dapat melaksanakan Workshop teknologi (generasi muda mengajarkan IT kepada lansia). Salah satu bentuk paling menyentuh dari literasi intergenerasi adalah ketika peserta muda dan lansia saling berbagi kisah. Melalui kutipan pengalaman pribadi, kita melihat bahwa literasi bukan sekadar media belajar, tetapi ruang berbagi makna hidup.Seorang remaja bisa berkata: "Saya baru benar-benar memahami arti kesabaran setelah mendengar cerita perjuangan nenek menempuh pendidikan di masa penjajahan." Sementara seorang lansia bisa mengungkapkan: "Saya merasa dihargai kembali ketika cucu saya mengajarkan cara menggunakan aplikasi membaca digital. Dunia terasa lebih luas". Pertukaran pengalaman ini tidak hanya memperkaya wawasan, tapi juga mempererat empati, membangun jembatan batin antar generasi.

Untuk memastikan literasi intergenerasi tidak sekadar menjadi wacana, perlu dukungan konkret dari , pemerintah dengan menyusun kebijakan nasional yang mendorong integrasi program literasi lintas usia, seperti Gerakan Literasi Keluarga dan Sekolah Ramah Lansia. Sekolah dapat memberikan ruang dalam kurikulum untuk proyek kolaboratif yang melibatkan wawancara dan dokumentasi cerita dari generasi sebelumnya.

Komunitas Literasi juga dapat berperan menyelenggarakan klub membaca intergenerasi, dapat mendorong literasi digital untuk lansia dengan pendekatan humanis, tidak menggurui, tapi mendampingi. Literasi adalah jembatan cinta antar generasi, tempat kita saling mengisi,  saling belajar, bukan bersaing. Dalam setiap dialog, cerita, atau tawa yang dibagikan, terdapat benih kasih yang tumbuh, menghidupkan nilai-nilai, menghargai warisan, dan menyambut masa depan. Generasi muda butuh akar, generasi tua butuh sayap. Literasi adalah ruang di mana keduanya bertemu, saling menumbuhkan, saling menghidupkan.(fsy)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar